Senin, 26 Januari 2009

Jurus Jitu Menulis Bagi Orang Sibuk

Diposting oleh Unknown di 07.41

Menulis Bersama Penulis Profesional
JURUS JITU MENULIS BUKU UNTUK ORANG SIBUK

"Anda harus melakukan hal yang anda pikir tidak dapat anda lakukan."
Eleanor Roosevelt

Ini adalah alternatif terakhir yang sebenarnya hanya perlu dipilih jika anda benar-benar sudah angkat tangan dengan keseluruhan proses penulisan buku. Namun ini bukan cara yang sama sekali harus dihindari. Bahkan, ini menjadi salah satu cara ampuh untuk mewujudkan impian anda. Banyak orang-orang sibuk yang karena berbagai alasan sama sekali tidak bisa meluangkan waktu untuk menulis dengan baik. Mau tak mau, demi sebuah impian, menggunakan penulis profesional adalah alternatif yang sah.

Tidak bisa dimungkiri, bagi orang-orang tertentu, menulis itu kadang memang sama sekali asing dan begitu sulit untuk dilakukan. Ketika mereka belajar menulis dari nol, ada saja kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Sementara memaksakan diri menulis akhirnya toh tetap sulit diwujudkan dalam waktu singkat. Padahal, menulis benar-benar diinginkan dan diyakini akan mendatangkan nilai tambah. Dalam situasi seperti ini, tidak berarti orang harus berhenti atau mengubur keinginannya untuk membuat sebuah buku.

Di sinilah peran penting para penulis profesional. Ada tiga model penggunaan tenaga profesional di sini. Pertama, jika waktu luang anda untuk menulis sama sekali tidak ada, anda bisa menggunakan jasa seorang ghost writer (penulis bayangan). Seorang ghost writer adalah penyedia jasa penulisan dengan profesional fee tertentu, yang dapat diminta menulis untuk dan atas nama anda. Anda cukup memberikan pokok-pokok pikiran (outline), bahan-bahan penulisan, dan menyampaikan tujuan-tujuan penulisan buku itu sendiri. Berikutnya, si penulis bayangan akan membuatkan tulisan berdasarkan pesanan dan bahan-bahan tersebut menjadi sebuah buku sesuai dengan keinginan anda. Ini memang cara menulis buku yang paling tidak merepotkan.

Kedua, anda dapat mengajak seorang penulis profesional sebagai co-writer atau penulis pendamping. Di sini anda mengajak seorang penulis profesional untuk berdiskusi, menetapkan tujuan penulisan buku, mengumpulkan bahan, dan menulis bersama-sama. Prakteknya, kebanyakan penulis pendampinglah yang menjalankan seluruh proses penulisan buku, sementara penulis utama hanya menyediakan bahan-bahan tertulis atau memberikan wawancara. Penulis pendamping di sini hampir sama fungsinya dengan penulis bayangan. Bedanya, nama si penulis pendamping harus dicantumkan di buku bersama si penulis utama.

Ketiga, anda dapat menggunakan jasa editor. Jika anda mampu menyelesaikan draft awal buku, namun untuk pengayaan, editing redaksional, dan gaya bahasa, anda merasa kurang PD atau tak lagi punya waktu, maka inilah saatnya menggunakan jasa editorial dari seorang editor/penulis profesional. Sebenarnya di setiap penerbit buku disediakan seorang editor untuk mengolah dan merapikan setiap naskah buku yang masuk. Tetapi bukan rahasia lagi kalau naskah buku yang sudah rapi duluan akan memudahkan penerimaan oleh penerbit. Jadi memanfaatkan jasa editor/penulis profesional akan sangat membantu.



http://www.pembelajar.com

Jurus Jitu Menulis Bagi Orang SibukSocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar on "Jurus Jitu Menulis Bagi Orang Sibuk"

Posting Komentar

Klik Toko Online Foredi GASA

 

Belajar Menulis, Belajar Menulis Artikel, Belajar Menulis Berita, Belajar Kuliah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez Distributed by Deluxe Templates