Senin, 26 Januari 2009

Perlukah Bakat Menulis?

Diposting oleh Unknown di 08.14
Perlukah Bakat Menulis?

"Yang mungkin diperlukan bukanlah suatu 'bakat' istimewa, tetapi lebih pada keinginan dan minat yang besar untuk mau belajar, membangun kebiasaan menuangkan gagasan lewat tulisan."
Andrias Harefa
(Penulis buku-buku best seller)

Sungguh saya tidak ingin anda berlama-lama membaca artikel ini. Hampir dalam setiap pembahasan mengenai tulis-menulis, orang bertanya atau berargumentasi soal perlu tidaknya bakat menulis. Perdebatan apakah seseorang perlu ada bakat dulu baru bicara menulis buku sesungguhnya tidak berguna. Katakanlah anda memvonis diri anda tidak berbakat, kemudian orang lain ikut-ikutan dengan cap yang anda buat tadi, maka menulis buku hanya akan tinggal mimpi belaka. Jika anda sudah lebih dulu memvonis diri anda tak berbakat menulis, tak mampu menulis, tak ada waktu menulis, tak ada ide untuk ditulis, maka jangan harap anda bisa membuat buku. Soal mampu atau tidak mampu, bakat atau tidak bakat, kadang itu hanya soal konstruksi mental yang keliru. Jika konstruksi mental sudah tidak pas, biasanya anda akan sulit melihat peluang-peluang yang bisa anda manfaatkan untuk merealisasikan gagasan-gagasan anda.

Jadi, pada kesempatan pertama ini, penting sekali untuk membenahi dulu keyakinan anda, bahwa menulis buku itu tidak sesulit yang anda duga, atau tidak memerlukan kemampuan-kemampuan yang melebihi rata-rata orang. Percayalah, semua orang bisa menulis buku, dengan satu dan lain cara. Contoh-contoh pada artikel sebelumnya telah membukakan wawasan kita, bahwa dari segala macam profesi, latar belakang sosial, pendidikan, bahkan latar belakang usia pun tak menghalangi orang untuk menulis buku.

Saya punya anggapan mendasar, jika anda pernah menulis buku harian, surat cinta, menulis puisi, membuat pantun, membuat ringkasan, menulis paper, menulis resensi buku, menyusun skripsi, menyusun rencana bisnis, menulis laporan, membuat presentasi, berarti anda punya bakat menulis. Ini semua merupakan cikal-bakal kemampuan menulis yang sangat potensial. Yang diperlukan adalah mengasah kemampuan tersebut, lalu memakai teknik yang tepat untuk menulis jenis buku yang anda inginkan.

Katakanlah anda tak pernah menulis sama sekali, tetapi anda adalah orang yang menguasai satu bidang tertentu yang unik, menguasai profesi anda, memiliki hobi yang menarik, memiliki kemampuan-kemampuan khusus yang layak jual, suka mendiskusikan hal-hal tersebut, suka mengajari orang lain untuk melakukannya, dan anda sangat menyukai bidang-bidang tadi, maka peluang menulis buku juga sangat besar.

Atau jika anda adalah orang yang suka presentasi, sering melakukan brainstorming, sering mendiskusikan ide-ide atau berita-berita terbaru, kerapkali diundang ceramah, hobi berpidato, berkotbah, mendongeng, sering diwawancarai wartawan, suka bersosialisasi, seorang public figure, serta memiliki pengalaman-pengalaman menarik yang layak dibagikan kepada orang lain, itu pun menjadi modal besar bagi perwujudan buku anda. Berbekal apa yang sudah ada dalam diri sendiri pun, anda sudah siap mengarungi proses penulisan buku yang sangat mengesankan.

=====

Perlukah Bakat Menulis?SocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar on "Perlukah Bakat Menulis?"

Posting Komentar

Klik Toko Online Foredi GASA

 

Belajar Menulis, Belajar Menulis Artikel, Belajar Menulis Berita, Belajar Kuliah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez Distributed by Deluxe Templates