Senin, 26 Januari 2009

Menulis Cepat

Diposting oleh Unknown di 07.48
Menulis Cepat

JURUS JITU MENULIS BUKU UNTUK ORANG SIBUK

"Kalau ada seseorang yang ingin menulis dengan gaya yang jelas, lebih dulu dia harus jelas dalam pemikirannya."
J.W. von Goethe
(Pengarang Jerman)

Ini jurus terpenting bagi para penyibuk yang sedang menggarap sebuah buku. Jika anda sedang mengalir, jangan pernah berhenti! Jika ide sudah tergambar di kepala, segeralah tulis dengan cepat sampai aliran ide itu habis tuntas. Pertahankan semangat, irama antusiasme menulis, dan jangan pernah menyimpan aliran ide untuk ditulis kemudian. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Mengapa?

Alasannya, jika sudah mulai menulis, berarti anda berperang dengan waktu yang sedemikian terbatas. Akan lebih menguntungkan jika anda mengefektifkan waktu yang tersedia sekalipun itu sangat pendek, dibanding misalnya anda menunda menulis demi menunggu datangnya waktu yang lebih longgar. Penantian ini sia-sia! Ide-ide lama akan segera terlindas oleh ide-ide baru yang lebih memikat, dan apa yang ingin anda tulis sebelumnya hanya tinggal seonggok ide usang. Mengapa usang? Bisa jadi dalam waktu yang tidak terlalu lama anda menemukan buku dengan tema serupa dengan ide anda, namun ditulis oleh pengarang lainnya.

Yang namanya mood sering berubah-ubah dalam tempo yang sangat cepat. Ayu Utami, novelis yang melejit dengan novelnya Saman, tegas-tegas menyatakan, mood harus didisplinkan, dijaga, dan dibangun. Novelis yang sebelumnya adalah seorang wartawawati ini mengaku bisa membangun mood-nya saat pagi atau malam hari. Nah, apakah waktu-waktu senggang anda yang sedikit memungkinkan pembangkitan mood seperti itu? Anda harus menemukan dan membangkitkan sendiri.

Seperti saya singgung di artikel sebelumnya, buku pertama saya Kontekstualisasi Ajaran I Ching yang tebalnya 205 halaman lebih itu berhasil saya selesaikan draft-nya hanya dalam waktu 36 hari. Memang, pemolesannya makan waktu hampir setengah bulan mengingat saya lebih percaya diri mengajukan naskah ke penerbit dengan kesalahan redaksional sesedikit mungkin. Belajar dari pengalaman inilah saya benar-benar menekankan arti penting menulis cepat saat anda berhasil mendapatkan kondisi flow. Kondisi mengalir ini benar-benar berharga!

http://www.pembelajar.com/

Menulis CepatSocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar on "Menulis Cepat"

Posting Komentar

Klik Toko Online Foredi GASA

 

Belajar Menulis, Belajar Menulis Artikel, Belajar Menulis Berita, Belajar Kuliah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez Distributed by Deluxe Templates