Senin, 26 Januari 2009

Kumpulan Tulisan, Mengapa Tidak?

Diposting oleh Unknown di 08.03

Kumpulan Tulisan, Mengapa Tidak?

"Kita tidak bisa memulai segala-galanya sekaligus"
Pramoedya Ananta Toer

Coba anda amati buku-buku karangan Hermawan Kartajaya, Renald Khasali, Gede Prama, Andrias Harefa, Roy Sembel, Handi Irawan, atau buku-buku dari pengarang lain yang sering mengisi kolom-kolom di berbagai media masa. Beberapa dari buku-buku mereka merupakan hasil kompilasi dari tulisan-tulisan pendek seperti kolom, esai, artikel opini, bahkan mungkin juga makalah yang diperbarui, yang dianggap punya nilai jual jika diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan tulisan.

Dan jangan remehkan buku-buku seperti ini. Buku-buku kumpulan tulisan yang disusun pengarang-pengarang di atas ternyata disambut baik oleh pasar, bahkan tak sedikit yang menjadi best seller. Buku Handi Irawan berjudul 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan (2002) yang sukses di pasar itu bahan dasarnya juga tulisan-tulisan pendek yang sebelumnya tersebar di berbagai media massa dan kemudian disusun ulang oleh rekan-rekan Handi di Frontier. Sementara, di antara lebih dari 23 buku yang ditulisnya hingga awal 2004, Andrias Harefa malah berhasil menyusun setidaknya 5 buku kumpulan tulisan pendek yang jadi best seller, yaitu Sukses Tanpa Gelar (1998), 10 Kiat Distributor MLM (2000), Berwirausaha dari Nol (2000), MLM di Era Internet (2000), dan Agar Menjual Bisa Gampang (2002).

Kisah sukses buku kumpulan tulisan pendek seperti itu juga dapat dilihat dari sukses luar biasa serial Chicken Soup for the Soul yang disusun oleh Jack canfield dan Mark Victor Hansen. Buku serial Chicken Soup for the Soul berisi kisah-kisah yang syarat nilai kemanusaian, yang merupakan sumbangan tulisan dari banyak penulis dari beragam latar belakang. Kisah-kisah itu muncul dengan gaya dan cita rasa masing-masing, namun tetap bisa dicari benang merahnya, mengikat kisah-kisah tersebut menjadi buku yang memikat dan enak dibaca.

Pada awalnya, tak satu pun penerbit yang mau melirik proposal buku Jack Canfield dan Mark Victor Hansen ini. Tapi pecinta buku sering punya logika berbeda dengan para penerbit umumnya. Kenyataannya setelah diterbitkan, buku serial ini meledak di pasaran dan menjadikan kedua penulisnya nangkring di peringkat teratas di daftar pengarang paling top di Amerika Serikat versi New York Times dan USA Today.



Kumpulan Tulisan, Mengapa Tidak?SocialTwist Tell-a-Friend

1 komentar on "Kumpulan Tulisan, Mengapa Tidak?"

cara-blog.co.cc on 8 Juli 2010 pukul 04.57 mengatakan...

sobat,berguna banget nich infony, kunjungi blog saya jg y :)

Posting Komentar

Klik Toko Online Foredi GASA

 

Belajar Menulis, Belajar Menulis Artikel, Belajar Menulis Berita, Belajar Kuliah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez Distributed by Deluxe Templates